June 03, 2013

KUALITAS UNGGUL ALA SPON


Spon punya banyak sekali kegunaan. Selain sebagai bahan untuk kasur dan matras, spon juga ada dalam ukuran kecil untuk mencuci piring. Sangat bermanfaat. Sifatnya antara lain, mudah menyerap cairan, dan sekalipun diperas berulang-ulang, spon akan kembali ke bentuk semula, tetap awet dan tahan lama. Benar-benar bermanfaat bukan?

Dari sekian banyak manfaat yang bisa kita dapat dari spon, saya bisa menarik salah satunya sebagai pelajaran hidup. Kemampuannya untuk menyerap cairan, dapat diperas berulang kali dan dapat kembali ke bentuk semula, adalah sifat yang bisa kita renungkan untuk kehidupan sehari-hari.

Andaikata kita spon, kita harus dapat menyerap semua pelajaran hidup yang kita dapat. Tentu saja, serap hal-hal yang baik saja. Kebaikan yang kita serap akan membuat kita semakin "berat" alias matang dan berbobot dalam hikmat, pengertian, dan pemahaman.

Andaikata kita spon, kita harus rela untuk diperas berulang kali. Setiap kali saya mencuci piring, salah satu cara saya untuk menghilangkan kotoran pada spon cuci di rumah adalah dengan memerasnya beberapa kali. Kotoran yang tak sengaja terserap akan ditekan keluar dari hidup kita, dan kita dapat kembali mengisi "spon" kita dengan hal-hal baik, hal-hal positif, lagi.

Andaikata kita spon, sekalipun ditekan, digencet, dipelintir... kita akan selalu bisa kembali ke bentuk semula. Masalah akan terus berdatangan dan menekan, menggencet, memelintir kita. Tidak seperti spon kaku yang akan hancur karena tekanan, kita justru tahu bagaimana caranya untuk bangkit dan pulih seperti sedia kala. Tidak ada kesulitan hidup yang dapat membuat kita menciut dan kalah.

Milikilah sifat-sifat unggul sebuah spon. Jadilah orang yang dengan cepat menyerap kebaikan dan pelajaran hidup, rela jika hidupnya "diperas" demi mengeluarkan "kotoran-kotoran", dan cepat untuk bangkit dan pulih sekalipun berbagai masalah menekan. Jangan biarkan kita dikalahkan oleh keadaan.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger