January 21, 2013

MEMULAI DENGAN TUHAN



“Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku.” Sebuah lagu yang sangat tidak asing bagi kita, dan mungkin juga menggambarkan keseharian kita. Tapi doa paginya mana ya? Bagaimana kalau lagunya diganti menjadi, “Bangun tidur kubuka mata, tidak lupa untuk berdoa. Cari Tuhan, serahkan semua, lalu kerja tugas-tugasnya.”

Mencari Tuhan seharusnya menjadi tindakan pertama bagi orang percaya. Tidak hanya ketika kita memulai hari, namun dalam segala hal! Menyerahkan semuanya seolah kita bisa melakukannya sendiri. Menanyakan semuanya seolah kita tidak dapat mengandalkan hikmat kita sendiri. Memutuskan semuanya berdasarkan keputusan yang Tuhan beri.

Tetapi Yosafat berkata kepada raja Israel: “Baiklah tanyakan dahulu firman TUHAN.” 1 Raja-raja 22:5

Hal yang patut kita teladani dari Yosafat, Raja Yehuda, ialah betapa ia mau belajar mencari Tuhan terlebih dahulu sebelum akhirnya mengambil sebuah keputusan. Ia tidak grasa-grusu hanya karena ia seorang raja dengan kuasa perkataan yang pasti dipatuhi oleh semua orang. Ia memilih untuk bertanya dulu kepada Tuhan, dan hasilnya, ia berhasil dalam tindakan-tindakannya.

Kalau seorang raja saja merasa perlu untuk melakukannya, kenapa kita tidak mencobanya?

Ketika kita melakukannya, kita akan menemukan identitas dan tujuan kita lewat hubungan kita dengan Tuhan, dan kita akan mendapati-setiap hari-bahwa hidup kita ini mencakup tujuan yang jauh lebih besar dari yang pernah kita bayangkan. Harapan yang lebih besar dari yang kita harapkan. Inpian yang lebih besar dari yang kita impikan. Rencana yang lebih besar dari yang kita rancangkan. Ini semua hanya dapat kita temukan dan sadari ketika kita memulainya dengan Tuhan.

Ya, Allahku, terima kasih untuk hari ini. Aku serahkan hari ini dalam tangan-Mu. Aku serahkan segala tugas dan tanggung jawabku, segala rencanaku... berkatilah semuanya, Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin.

Tetapi Yosafat berkata kepada raja Israel: “Baiklah tanyakan dahulu firman TUHAN.”
1 Raja-raja 22:5

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger