April 16, 2013

BERKAT INTERDENOMINASI


Beberapa waktu lalu saya terlibat dalam sebuah pelayanan, di mana semua pelayan adalah gabungan dari gereja-gereja yang berbeda di kota saya, alias interdenominasi. Awalnya, saya sedikit merasa tidak "nyaman" dengan apapun yang panitia lakukan, karena saya merasa "ini sangat tidak 'gereja' saya." Yang saya maksud adalah cukup banyak hal baru yang saya temui dari orang-orang percaya yang menurut saya, "berbeda" ini. Semoga Anda mengerti yang saya maksud. (Bayangkan Anda yang dari protestan masuk dalam satu wadah pelayanan yang dipimpin oleh orang-orang karismatik, atau sebaliknya.) Yang saya lakukan hanyalah berdoa dan berkata kepada Tuhan, "Tuhan, kalau pelayanan ini adalah mau-Mu, aku akan tetap melakukannya. Tunjukkanlah diri-Mu lewat pelayanan ini, Tuhan."

Saya terus bergumul dengan cara-cara mereka yang bagi saya "tidak biasa." Sementara itu saya tetap mencari Tuhan dan hadirat-Nya setiap kali saya berlatih dan bergaul dengan mereka. Jujur saya merasa kesulitan untuk beradaptasi, sampai satu ketika kami berdoa bersama-sama dan saya dapat merasakan hadirat Tuhan di sana. Itulah untuk pertama kalinya saya menyadari bahwa Tuhan berkerja dalam interdenominasi gereja, dalam perbedaan, dalam keyakinan yang beragam bahwa "cara ini lebih baik dari pada cara itu," tapi sungguh, Ia bekerja di dalamnya. Saat itu juga saya tahu, kami menyembah Tuhan yang sama.

Saya mungkin tidak akan pernah mengerti cara kerja Allah dalam segala perbedaan yang ada. Saya juga tidak bisa lagi membayangkan bahwa sorga nanti akan penuh dengan orang-orang dari aliran gereja saya saja. Saya hanya belajar bahwa Allah itu sungguh tak terkatakan, dalam kesempurnaan-Nya, dalam eksistensi-Nya, dalam kepenuhan-Nya, semua itu tergambar dalam setiap hal yang berbeda di dunia ini, bahkan di alam semesta.

Saya tidak tahu apa yang akan orang lain katakan dan lakukan jika mereka dalam posisi saya saat itu, akan tetapi saya bersyukur telah mengenal dan melayani dengan orang-orang yang berbeda dengan saya. Saya tidak akan membanding-bandingkan entah gereja saya atau gereja mereka yang lebih baik, saya hanya ingin mengenal Tuhan melalui gereja saya, di mana saya bertumbuh dan berbuah, lebih dalam lagi dari sebelumnya.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger