May 20, 2013

SEINDAH KRISTAL AIR


"Mulutmu Harimaumu" adalah istilah yang didapat dari sebuah iklan dan cukup terkenal untuk menggambarkan perlunya menjaga mulut dan lidah kita, bukan hanya dari bau mulut, tetapi juga dari kata-kata yang tidak membangun dan berfaedah.

Sebuah penelitian menunjukkan pengaruh kata-kata terhadap kehidupan. Setelah diteliti, air yang terus-menerus menerima kata-kata kotor dan ejekan memberikan bentuk kristal yang tak keruan dan berbentuk, alias kacau. Sebaliknya, air yang terus-menerus dihujani dengan kata-kata positif, cinta, pujian, doa, menghasilkan kristal air yang sangat teratur dan indah. Nah, bayangkan apa yang terjadi jika tubuh kita yang hampir 90 % terdiri dari air selalu menerima kata-kata kotor, hinaan, cercaan, dan sejenisnya? Kita akan sulit berkembang, tidak percaya diri, sulit berpikir, kacau seperti kristal air yang kacau. Sebaliknya, bayangkan bila tubuh kita menerima kata-kata yang baik, indah, membangung, memberkati. Kita akan menjadi seindah dan seteratur kristal air yang menawan.

Ada orang tua yang tidak segan-segan menjelek-jelekkan anaknya, mengatai mereka bodoh, setiap kali mereka melakukan kesalahan. Ada atasan yang selalu memarahi pegawainya, dan tidak mau memberi pujian atas pencapaian bawahannya. Ada juga orang yang suka marah-marah, tidak pernah bersyukur dan selalu mengeluh. Ada lagi orang yang selalu merasa dirinya tidak mampu, orang yang selalu gagal dan tarasingkan Orang-orang seperti ini harus berhati-hati, karena kalau tidak, anak-anak mereka akan benar-benar menjadi bodoh, orang-orang di sekitar mereka tidak akan pernah maju, hidup mereka tidak akan pernah ada damai, bahkan diri mereka sendiri akan semakin terpuruk dan akhirnya hancur. Semuanya itu karena kata-kata dari lidah yang kecil.

Biasakan diri kita mengatakan hal yang baik, hal yang positif, hal yang membangun dan memberkati orang lain juga diri kita sendiri. Suatu saat kita akan menerima buah perkataan kita, yaitu baik orang lain, maupun kita yang mendengarnya, akan diubahkan menjadi lebih lebih indah dari kristal air.

Bapa, ampunilah aku yang seringkali mengeluarkan kata-kata yang salah dan tidak berkenan di hadapan-Mu. Ampunilah aku yang sudah menyakiti dan menjatuhkan banyak orang dengan perkataanku. Berikanlah kepadaku kuasa untuk mengendalikan lidahku, agar buah-buah yang kupetik nanti adalah buah-buah yang baik dan indah. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Amin.

Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
Kolose 3:8

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger