February 10, 2013

FLY ATTITUDE



Kata orang, godaan bagi manusia (khususnya kaum Adam) terangkum dalam singkatan 3TA, yaitu Harta, Tahta, dan Wanita. Belakangan ini berita tentang para pejabat korup yang dijadikan tersangka oleh KPK pun menyinggung beberapa wanita yang turut menjadi bahan pembicaraan. Sungguh, godaan dunia sepertinya sangat sulit ditolak; uang mendorong manusia untuk serakah, korupsi; kedudukan mendorong manusia untuk arogan, takabur; pasangan mendorong orang untuk menyalahi aturan, bermain api. Maklum saja, kalau dosa itu tidak enak, maka tidak akan ada orang yang ingin berbuat dosa.

Baik uang, kedudukan, maupun pasangan, ketiganya pada dasarnya adalah kepercayaan yang bisa Tuhan berikan kepada siapa saja. Tetapi, dengan mempertimbangkan kapasitas manusia yang berbeda-beda, Tuhan memberikan kepada masing-masing kita porsi yang berbeda-beda pula.

Kadang saya berpikir, kenapa tidak ada orang yang “sempurna”, dalam artian cantik/tampan, jenius, kaya, berkedudukan tinggi, berkarakter, baik, setia, memiliki keluarga yang bahagia, cinta Tuhan, punya pokoknya semmmpurnaaa.... Jawabannya adalah, tidak akan ada orang yang dapat tahan terhadap godaan dunia seperti halnya Yesus.

Firman Tuhan mengatakan bahwa Yesus adalah manusia, sama seperti kita, dan Ia dapat merasakan apa yang kita rasakan karena dahulu Ia pernah mengalami pencobaan yang kita alami. Bedanya dengan kita adalah, Ia tidak berbuat dosa.

Hanya Yesus yang memiliki kerendahan hati, fly attitude (sikap terbang) yang sempurna. Ia pemilik segala yang ada, tapi bersedia menjadi miskin karena kita. Ia adalah Anak Allah, tapi rela meninggalkan kedudukan itu demi kita. Ia adalah mempelai laki-laki yang sempurna, tapi mengambil mempelai perempuan dari gereja yang sudah berdosa.

Namun kini, Ia memanggil kita untuk menjadi sempurna seperti-Nya, belajar memiliki fly attitude yang baik. Tidak dibutakan oleh uang, kedudukan, dan pasangan. Dan kalaupun kepada kita dipercayakan ketiganya, kita bisa terbang tinggi dengan tetap rendah hati, dengan fly attitude yang baik.

Tuhan, aku ingin seperti-Mu, terbang bersama-Mu, mengarungi puncak-puncak dunia karena-Mu. Tapi, ajarku untuk rendah hati seperti-Mu, lebih dari siapapun.

Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.
1 Ptr. 5:5b

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger