February 14, 2013

BELAJAR DARI YANG TAK TERLIHAT



Benih itu akhirnya muncul, tumbuh dari balik tanah. Ia masih begitu kecil seperti bayi yang baru lahir. Sementara orang melihatnya tumbuh ke atas, di bawah sang akar bekerja keras untuk mencari sari-sari makanan agar tunas kecil itu dapat terus tumbuh dan tumbuh.

Akar mulai menjalar ke sana ke mari, asalkan didapatinya air dan makanan. Ia meliuk-liukkan dirinya, menerobos lapisan tanah dan bebatuan, supaya tanaman yang disangganya dapat terus bertahan. Semakin tanaman itu bertumbuh semakin tinggi dan besar, semakin besar pula usaha akar untuk menopang dan mencari makanan ke dalam tanah.

Ketika tanaman kecil tadi sudah berubah menjadi pohon, dengan daun-daun yang hijau nan lebat, bunga-bunga yang sesekali bermekaran pada musim-musimnya, dan ranting-ranting yang dipenuhi dengan buah yang lezat, orang yang duduk di bawahnya dan menikmati serta memakan buahnya memuji-muji pohon itu. Mereka merasakan kesejukan, keindahan, dan merasa puas dengan buahnya yang manis.

Di sisi lain, tidak ada satu orangpun yang memuji akar. Sekalipun akar sudah bekerja keras sehingga dihasilkanlah pohon yang indah dan subur tadi, tapi ia tetap tidak terlihat. Ia tetap meluaskan jari-jarinya agar pohon itu tetap berdiri dengan sehat, kuat, dan megah. Ia tidak merasa tersinggung karena tidak diingat orang ataupun mendapat pujian. Di tempat yang tersembunyi, akar memberikan ketulusan dan kerendahan hati kepada batang, dahan, daun, bunga, dan buah pohon yang dapat menikmati keindahan dan cahaya di luar gelapnya tanah.

Note:
Kita dapat belajar tentang ketulusan dan kerendahan hati layaknya akar sebuah pohon, yang bersedia melakukan segala sesuatu tanpa mengharap pamrih dan pujian. Kita mengerjakan bagian kita dengan sebaik-baiknya, walaupun tidak ada atasan, karena kita tahu bahwa meski orang tidak mengingat ataupun menghargainya, ada Tuhan yang melihat dan memberikan imbalan.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger