February 08, 2013

VISI DAN MIMPI



Pernahkah Anda membayangkan hidup tanpa mimpi? Jika benar seseorang tidak mempunyai satupun mimpi, maka ia tidak akan memiliki semangat untuk meraih sesuatu. Seperti melihat sebentang kertas putih yang kosong, mata kita akan menjelajah tanpa arah. Namun ketika ada satu titik saja yang dibuat di sana, ke manapun mata kita melihat, ia akan selalu kembali melihat titik yang sama, kita tidak akan pernah dapat melepaskan pandangan kita darinya.

Hidup yang digerakkan oleh tujuan adalah hidup yang semestinya menjadi milik kita. Itulah kenapa Tuhan mengajar kita untuk membuat rencana/merencanakan sesuatu. Ada satu pepatah mengatakan, “Jika kita gagal membuat rencana, maka kita sementara merencanakan kegagalan.” Dan benar saja, pada waktu saya tidak merencanakan apa-apa dalam hidup saya, maka semuanya berjalan berantakan. Dan kalaupun hidup saya “jalan”, jalannya tidak baik, apalagi sempurna, karena banyak kelemahan dan kesalahan di sana-sini.

Hikmat untuk merencanakan sesuatu adalah hikmat yang berasal dari Tuhan, Dia sendiri juga sudah merencanakan banyak hal, bahkan Ia merencanakan segala hal. Kenapa manusia diciptakan pada hari keenam? Kenapa Ia harus mengirim Yesus, Anak-Nya, ke dunia? Kenapa Roh Kudus harus menjadi Penolong bagi kita? Semuanya sudah ada dalam rencana-Nya.

Sekalipun kita tahu bahwa bumi kita yang sekarang hanyalah “kemah”, dan bahwa satu saat kita akan “pulang ke rumah”, tapi kita tetap harus membuat rencana selama kita ada di dunia. Rencana yang kemudian diserahkan kepada Tuhan, karena rencana itu pada dasarnya adalah untuk menyelesaikan rencana Tuhan, maksud Tuhan, bagi kita di dunia.

Bermimpilah! Berencanalah! Dan serahkanlah itu kepada Tuhan. Biarkan Ia menyelesaikan bagian-Nya bagi kita.

Tuhan, berikanlah kepadaku visi, nyatakanlah kepadaku mimpi, supaya aku tahu apa yang harus kulakukan dalam hidup ini. Beritahukanlah kepadaku rencana-rencana-Mu dalam hidupku, Tuhan. Amin.

Akan terjadi pada hari-hari terakhir—demikianlah firman Allah—bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan (visions), dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi (dreams).
Kisah 2: 17

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger