March 20, 2013

GIVE THANKS


Syukur, kub'rikan syukurku
buat s'gala yang terjadi di dalam hidupku
Syukur, kubert'rima kasih
buat anug'rah kasih-Mu bagiku

Rasa lelah, sakit, kegagalan, patah hati dan situasi-situasi sulit lainnya seringkali membuat kita sulit untuk mengucap syukur kepada Tuhan. Benar tidak? "Masak orang susah disuruh mengucap syukur? Apa yang disyukuri coba?" Memang kelihatannya aneh, tapi yang aneh itulah yang Tuhan minta dari kita.

Saat kehidupan Ayub terpuruk sangat dalam, Alkitab berkata bahwa ia tetap tidak berdosa dalam perkataannya. Di waktu-waktu di mana ia mengalami hal yang mungkin tidak akan sanggup kita tanggung, ia tetap tahu menjaga perkataan, menyatakan Tuhan sebagai yang Allah yang berdaulat atas hidupnya, mengampuni dan berdoa bagi sahabat-sahabatnya, serta bersyukur. Lalu bagaimana akhir hidupnya? Tuhan mengembalikan padanya dua kali lipat dari segala yang pernah dirampas darinya.

Mengucap syukur dalam segala hal bukan berarti kita mensyukuri situasi-situasi sulit yang kita hadapi, bukan juga soal berkat yang akan kita terima setelah kita mengucap syukur, tapi lebih kepada ketaatan kita kepada Allah (yaitu untuk senantiasa bersyukur), dan penyerahan kita akan pembentukan yang Tuhan kerjakan melalui situasi-situasi tersebut.

Jadi, pada dasarnya mengucap syukur tidaklah sesulit yang kita kira, kita hanya harus terlebih dahulu belajar berserah. Saat kita berserah, kita tahu bahwa Allah adalah Allah atas hidup kita, atas segala yang terjadi dalam kita. Bukankah Ia hanya menjanjikan "rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan"?

Tuhan Yesus, terima kasih untuk segala yang terjadi dalam hidupku, atas kemenangan yang Engkau janjikan bagiku. Aku tahu aku tidak perlu kuatir akan hari esok dan masa depanku, karena setiap karya-Mu adalah sempurna bagiku. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Amin.

Mengucap syukurlah dalam segala hal,
sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.
1 Timotius 5:18

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger