August 08, 2013

JANGAN PERNAH MERASA SENDIRI


Pernahkah Anda melihat biji sesawi? Saya belum pernah melihat pohonnya, akan tetapi seorang pendeta pernah menunjukkan biji sesari kepada saya. Sungguh di luar dugaan, ternyata biji itu sangat kecil, dan saya rasa, orang yang pertama kali melihatnya tidak akan pernah menyangka bahwa biji sekecil itu dapat tumbuh menjadi pohon yang besar dan rindang.

Markus 4:30-34 menuliskan salah satu perumpamaan yang disampaikan Yesus kepada para murid dan orang banyak, yaitu tentang biji sesawi. Di situ Yesus mengatakan bahwa Kerajaan Allah seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi, tetapi apabila ia ditaburkan, ia akan tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya. Wah, luar biasa, bukan? Sesuatu yang kecil dapat tumbuh lebih besar dibandingkan benih-benih lainnya!

Lalu apa yang dapat kita pelajari di sini? Yesus pernah membahas tentang iman sebesar biji sesawi, apakah Anda ingat? Kalau saja iman bisa diukur besar kecilnya, maka menurut Yesus, dalam ukuran sebesar biji sesawi yang kecilpun ia dapat memindahkan gunung. Yesus menggunakan perumpamaan ini untuk menjelaskan bahwa meski kekristenan pada awalnya sangat kecil, ia bertumbuh menjadi komunitas yang mendunia dunia. Bila Anda merasa sendirian dalam perjalanan Anda mengikut Kristus, ingatlah selalu bahwa Allah sedang membangun sebuah kerajaan yang meliputi seluruh dunia. Ia memiliki pengikut-pengikut setia di setiap belahan bumi. Dan iman Anda, betapapun kecilnya itu, dapat bergabung dengan iman orang-orang percaya lain di seluruh dunia untuk mengerjakan hal-hal besar serta luar biasa. Keren kan!!!

Bapa, terima kasih untuk setiap orang percaya yang Engkau panggil di seluruh dunia. Ampunilah aku yang terkadang egois dan selalu merasa layak untuk dikasihani. Aku kadang tidak mengerti bahwa semua orang percaya mungkin juga mengalami kesulitan yang sama seperti yang aku rasakan, tapi aku justru mengasihani diri sendiri. Bapa, berkatilah dan tolonglah semua orang percaya di manapun mereka berada, juga tolonglah imanku yang kecil ini. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Amin.

Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya.
Matius 13:32

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger