January 18, 2013

SALURAN BERKAT



Kita pasti sudah sering mendengar ataupun membaca kisah Yusuf si pemimpi. Kisah tentang seorang muda yang harus mengalami begitu banyak penderitaan sebelum akhirnya ia menjadi pemimpin kedua di Mesir. Sungguh kisah yang menginspirasi, karena darinya kita bisa belajar tentang banyak hal.

Salah satu hal yang menarik untuk diperhatikan dari pengalaman hidup Yusuf adalah betapa Tuhan mengasihi dan menyertainya. Inilah yang menjadi kunci keberhasilannya.

Alkitab memang menyatakan bahwa Yusuf adalah seorang yang manis sikapnya dan elok parasnya, tapi itu bukan alasan mengapa ia mendapat kepercayaan besar, baik dari Potifar, kepala penjara, maupun Firaun. Ia dipercaya karena Yusuf selalu melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya, dan karena penyertaan Tuhan, maka segala pekerjaannya itu dibuat berhasil. Tidak hanya itu, tempat di mana Yusuf ada juga diberkati Tuhan karena Yusuf.

Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang. Kej. 36:5

Luar biasa, bukan? Karena Yusuf, Potifar diberkati. Karena Yusuf, orang-orang di dalam penjara juga diberkati . Karena Yusuf, Mesir juga diberkati.

Sekarang, bagaimana dengan kita? Apakah ada orang orang lain yang diberkati karena kita. Apakah ada tempat yang diberkati karena kita? Apakah keluarga kita diberkati karena kita? Apakah sekolah kita diberkati karena kita? Apakah tempat kita bekerja diberkati karena kita?

Ataukah justru sebaliknya. Apakah karena kita maka tidak ada kedamaian dalam keluarga? Apakah karena kita maka sekolah kita dikenal buruk? Apakah karena kita maka tempat usaha kita pailit?

Inilah PR kita di dunia... menjadi berkat. Mungkin benar ini satu hal yang sulit, tapi tidak mustahil. Kita hanya perlu mengandalkan Tuhan, menjadikan-Nya sebagai alasan atas segala yang kita lakukan, dengan demikian kita akan selalu berusaha melakukan yang terbaik.

Bapa, bantu aku untuk menjadi berkat bagi orang lain. Aku tidak akan dapat melakukannya tanpa-Mu. Bantu aku untuk melakukan yang terbaik dalam segala hal, bagi-Mu, Amin.

Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.
Kej. 12:3

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © Renungan Harian Maranatha Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger